0 item in the bag

No products in the cart.

5 Jenis Laminasi Kertas di Industri Percetakan

Ada bermacam-macam jenis laminasi yang digunakan pada dunia percetakan.

Pertama – Laminasi Doff

Merupakan laminasi yang memiliki karakter permukaan yang tidak mengkilap. Biasanya sering dipakai untuk laminasi undangan pernikahan. Juga sering dipakai untuk melaminasi Cover buku, Majalah dan Leafleat. Banyak yang menilai laminasi Doff memiliki kesan yang lebih elegan dan ekslusif dibanding glossy karena cenderung lebih soft. Kertas cetakan yang sudah dilaminasi akan memiliki kesan yang sangat berbeda dibandingkan yang tidak dilaminasi doff.

Kedua – Laminasi Glossy

Kebalikannya dengan laminasi doff, laminasi jenis ini memiliki karakter mengkilap. Selain mengkilap, kertas yang sudah dilaminasi akan memiliki permukaan yang licin. Laminasi Glossy ini sering dipakai untuk brosur, poster, leaflet. Biasa dipakai untuk cetakan non Undangan Penikahan.

Ketiga – Laminasi Spot UV

Adalah laminasi yang memiliki karakter mengkilap. Coraknya hampir sama dengan Glossy. Hanya saja, Spot UVI tidak untuk melapisi semua permukaan kertas cetakan. Melainkan sebagian dari hasil cetakan. Misalnya: Sebuah undangan pernikahan terdapat foto prewedding. Kemudian keseluruhan permukaan undangan tersebut di laminasi doft. Dan khusus pada bagian foto prewedding–hanya area fotonya saja–mengkilap. Karena itu disebut Spot UVI.

Keempat – Laminasi Window

Adalah laminasi untuk pembuatan jendela atau window. Karakternya juga memiliki karakter yang mengkilap. Biasanya untuk pembuatan kotak roti atau cake. Laminasi window ini dimaksudkan agar isi dari kotak terebut terlihat dari luar tanpa harus membuka kotak. Seperti pada kebanyakan kemasan roti, pada bagian atas kotak terdapat lubang yang dilapisi dengan plastik tipis.

Kelima – Varnish UV

Sebenarnya ini tidak termasuk laminasi, karena prosesnya tidak benar-benar dibungkus dengan lapisan platik tipis seperti laminasi doft dan glossy. Namun corak dan karakternya adalah seperti glossy. Mengkilap dan licin. Akan tetapi Varnis uvi ini tidak begitu melindungi hasil cetakan. Karena prosesnya hanya disemprot dangan cairan tertentu. Bagi yang awam tentang hal ini, biasanya tidak bisa membedakan antara varnish uvi dan glossy. Padahal harga Varnis UVI dan Glossy jauh berbeda. Lebih Mahal Laminasi Golssy.

Sumber

www.vendorpedia.id

Leave a response